My Notebook

Saatnya Jalan-jalan ke Semarang Menggunakan Bus dari Bandung





Kota Bandung merupakan ibu kota dari provinsi Jawa Barat di Indonesia, dan berjarak sekitar 180 km dari arah selatan Jakarta. Meskipun kota ini memiliki populasi lebih dari 2 juta orang, saya merasa bahwa irama kehidupannya terasa cukup santai dan bebas stres dibandingkan dengan kota Jakarta. Hal terbaik dari kota Bandung adalah letaknya yang berada di dataran tinggi sekitar 768 meter di atas permukaan laut. Tempat ini pun menikmati iklim yang cukup sejuk sepanjang tahun dan terasa seperti kota-kota di Eropa meskipun letaknya berada di Pulau Jawa. Jika Anda ingin merencanakan liburan Anda ke sini, satu hal yang perlu diperhatikan adalah musim hujan di sini yang dimulai relatif lebih awal daripada wilayah Indonesia lainnya. Biasanya hujan akan mulai turun di bulan Oktober sampai Mei, dan bulan Januari dianggap sebagai bulan dengan curah hujan yang paling deras. Karena itu saya akan merekomendasikan Anda untuk mengunjungi kota Bandung pada bulan Juni sampai Agustus supaya perjalanan Anda ke sini dapat terasa lebih maksimal! Rata-rata suhu udara di sini berkisar pada suhu 30 derajat Celcius di siang hari dan 25 derajat Celsius pada malam hari. Matahari akan bersinar hampir sepanjang pagi tapi diketahui akan berawan pada siang hari. Cuaca juga terasa cukup menyenangkan sepanjang tahun tapi lebih baik untuk berkunjung di luar bulan-bulan musim hujan.


Anda juga bisa menikmati beberapa perjalanan singkat ke resor-resor di pegunungan Lembang yang telah terbukti akan menjadi pengalaman yang tak mudah untuk dilupakan. Tempat ini juga merupakan tempat dimana satu-satunya kawah di Jawa berada dan bisa diakses dengan mudah menggunakan mobil. Di sini Anda akan mendapatkan pemandangan menakjubkan yang sangat menawan dari uap belerang yang indah. Anda juga akan diizinkan untuk turun ke salah satu kawah vulkanik yang ada di sini. Namun, Anda harus melakukannya dengan bantuan pemandu lokal yang sudah berpengalaman di tempat ini. Hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit perjalanan dari sini maka Anda akan menemukan resor air panas lain. Di sini Anda bisa berenang di kolam air mineral hangat, yang dikenal dapat menyembuhkan beberapa masalah kulit. Resor ini juga dikenal menyediakan sebuah bar, restoran dengan berbagai pilihan makanan, beberapa teleskop, serta sebuah hotel bergaya pondokan bagi para pengunjung yang tertarik. Setelah saya berkeliling selama sekitar 7 hari di kota Bandung dan sekitarnya, saya pun bergegas menuju ke kota selanjutnya, yaitu kota Semarang dengan menggunakan bus berdasarkan pengalaman saya sebelumnya.


Tidak sampai 3 menit untuk memesan tiket bus saya secara online dari https://www.redbus.id/tiket-bus/bandung-ke-semarang Sesuai dengan informasi yang diberikan situsnya, ada 3 operator pelatih kelas eksekutif dan satu operator lainnya yang menawarkan kenyamanan lebih di rute ini. Kramat Djati Bandung, Bandung Express dan Nusantra adalah ketiga operator pelaksana tersebut yang mengoperasikan busnya setiap hari di antara kedua kota ini. Semua operator ini memiliki setidaknya 2 bus yang akan berangkat sepanjang hari. Bus pertama adalah Kramat Djati Bandung yang berangkat pukul 14.00 sore diikuti oleh bus berikutnya yang berangkat satu jam kemudian pada pukul 15.00. Saya selalu bepergian dengan Kramat Djati dan merasa cukup senang dengan pengalaman tersebut. Operator ini juga memiliki bus yang bersih dan nyaman dan keberangkatannya selalu tepat waktu. Harga satu tiket dari operator ini adalah sekitar Rp160.000, yang menurut saya masih cukup terjangkau jika membandingkan kualitas layanan yang diberikannya.