My Notebook

Berkendara dengan Bus dari Surabaya ke Jakarta




Surabaya dianggap sebagai pusat Gerakan Kebebasan Indonesia pada masa perjuangan kemerdekaan dan juga merupakan kota terbesar kedua di wilayah Indonesia. Anda akan menemukan populasi penduduk campuran di sini yaitu orang-orang yang masih menganut budaya Islam, Cina, Belanda dan Indonesia. Satu hal yang akan langsung Anda sadari saat Anda menginjakkan kaki ke kota ini adalah bahwa arus lalu lintas di sini sangat padat dan ramai. Terdapat banyak bangunan bertingkat tinggi, kota ini merupakan hasil perpaduan yang unik dan menarik antara budaya tradisional dan budaya modern. Sekilas kota ini sepertinya tidak terlalu menarik bagi para wisatawan dari negara manapun dan sebagian besar wisatawan berkunjung ke sini hanya karena tempat ini adalah transit utama menuju ke Pulau Bali. Kota ini memiliki budaya yang kaya dan beragam, yang mampu mempesona para wisatawan. Jakarta adalah salah satu kota dimana Anda akan menemukan bangunan tradisional dan bangunan modern berdiri tegak bersebelahan satu sama lain.


Dengan infrastruktur dan pembangunan abad ke-21 dan juga berkat kemajuan kota ini, Anda bisa melihat perpaduan arsitektur yang menarik antara arsitektur tradisional dan arsitektur modern. Beberapa tempat wisata utama kota yaitu kebun raya, museum, gereja yang indah, masjid dan pasar loak besar. Hal inilah yang menjadikan Surabaya sebagai kota yang harus Anda kunjungi saat berwisata di indonesia. Akomodasi di sini terdiri dari bangunan zaman Belanda kuno sampai hotel mewah seperti Hotel J W Mariott. Kota ini juga menyediakan berbagai jenis akomodasi untuk para wisatawan yang memiliki anggaran yang terbatas. Anda bisa mendapatkan akomodasi mewah dan nyaman seharga Rp 145,000,- untuk satu malam.


Satu hal yang paling saya sukai adalah makanan khas dari Kota Surabaya. Pastikan untuk mencoba salad lokal yang terdiri dari saus kacang serta berbagai jenis daging dan sayuran. Hidangan populer lainnya yang Saya paling sukai adalah sate yang pada dasarnya adalah ayam ditambah dengan saus kelapa dan dibakar di atas arang. Untuk siapa saja yang memiliki anggaran yang terbatas, Anda hanya akan memerlukan Rp 3.000.000,- untuk belanja, makan dan berwisata di tempat ini. Bagi mereka yang mencari kenyamanan dan kemewahan, harus membayar lebih tinggi yaitu sekitar Rp 6.000.000,-. Saat berbicara dengan penduduk setempat, Saya menyadari bahwa sebagian besar orang di sini adalah orang-orang yang memeluk agama Islam. Indonesia juga dikenal memiliki masjid-masjid yang megah dan indah.


Waktu liburan Saya di Kota Surabaya adalah salah satu yang terbaik dibandingkan dengan waktu berlibur di kota-kota lain di Negara Indonesia. Saya menghabiskan waktu sekitar dua minggu di sini untuk berwisata, berpesta, belanja dan mengenal para penduduk setempat. Setelah 15 hari, akhirnya Saya memutuskan untuk pindah ke destinasi berikutnya yaitu Kota Jakarta. Hampir tidak ada penerbangan yang menuju kota Jakarta dan harga tiketnya juga sangat mahal. Saya tahu bahwa alternatif terbaik adalah dengan naik bus ke Kota Jakarta. Saya mengunjungi wesite ini Redbus.id dan memesan tiket bus ke Kota Jakarta. Harga tiket untuk satu orang sekitar Rp 255.000,-. Harganya sedikit lebih mahal karena Saya memilih untuk pergi dengan menggunakan operator Rendra Travels. Operator ini hanya memiliki satu bus yang beroperasi pada pukul 17.00 sore hari. Butuh waktu sekitar 12 jam untuk sampai ke Kota Jakarta dan Saya sampai keesokan paginya sekitar pukul 05.00 pagi hari.